Kamis, 06 Juni 2013

BAHAYA TIDUR DI WAKTU PAGI

Sahabat, mungkin diantara kita biasa tidur setelah subuh. Atau mungkin kebiasaan bangun siang-siang. Kebiasaan itu mungkin menjadi rutinitas yang dianggap wajar dan seolah-olah tidak ada efeknya. Apalagi bagi para kaum muda yang memang belum punya tanggung jawab secara materi kepada keluarga. Namun anda perlu tahu jika tidur setelah subuh itu tidak baik secara kesehatan maupun secara agama.
           
            Tidur dipagi hari terutama setelah subuh adalah larangan hampir di setiap pesantren. Bagi yang melanggar akan dikenai ta'zir (diberi hukuman). Bukan tanpa alasan kenapa larangan tidur pagi itu diberlakukan.

            Di dalam kitab Miftah Darus Sa'adah (2/216), Ibnu Qoyyim Rohimahulloh berkata, " Pagi hari seseorang itu seperti waktu muda dan akhir harinya seperti waktu tuanya ". Filosofinya adalah amalan seseorang di waktu muda berpengaruh terhadap amalannya di waktu tua. Jadi jika seseorang di awal pagi sudah tidur dan bermalas-malasan maka dia dan kehidupannya tidak akan pernah mencapai apa yang namanya kesuksesan.
           
            Logokanya, ketika seseorang terbiasa dengan tidur dipagi hari atau bermalas-malasan dengan bangun siang, maka kebiasaan tersebut akan menjadi sebuah candu yang sulit ditingalkan. Sudah barang tentu akan menggangu aktifitas kerja. Jika aktifitas kerja terganggu otomatis rizkipun akan terhambat pula.

            Lebih lanjut Ibnu Qoyyim berkata, " ada empat hal yang menghambat datangnya rizki. Empat hal itu adalah : tidur diwaktu pagi, sedikit sholat (melalaikan sholat), bermalas-malasan dan berkhianat.

            Betapa tidur dipagi hari itu banyak sekali dampak buruknya, diantaranya sesuai kitab Miftah Daris Sa'adah adalah: dapat membuat kita jadi malas m mudah kena penyakit , menghambat datangnya rizki , tidak mendapat kebarokahan di dalam waktu , tidak sesuai sunnah Nabi SAW ".

            Diriwayatkan, pada suatu ketika Nabi SAW melewati anaknya Fatimah RA sedang berbaring pada waktu subuh, maka Nabi SAW bersabda : " Wahai anakku, bangunlah dan hadaplah rizki tuhanmu, dan jangan engkau menjadi golongan orang-orang yang lalai. Sesungguhnya Allah membagikan rizki manusia diantara terbit fajar hingga terbit matahari " (Hadits Riwayat Al-Baihaqi)

            Maka dari itu yuuuk ....!!! kita rubah kebiasaan tidur pagi dan hoby bangun siang. Gak Gaul Brow .... !!!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar