Jumat, 21 September 2012

KREATIF HANYA TAMATAN * SD * MAMPU MENCIPTAKAN LISTRIK TENAGA HAMPA

Orang bisa menjadi hebat bukan karena jenjang pendidikannya yang tinggi namun karna inovasi-inovasi yang  dapat mereka ciptakan. Seperti bapak Slamet Harianto  yang bertempat tinggal di Desa Ngroto, Kecamatan Pujon,  yang berusia 51 tahun beliau mampu menciptakan Pembangkit Listrik Tenaga Hampa (PLTH). Pak Slamet bukanlah lulusan ahli listrik, namun beliau hanyalah tamatan Sekolah Dasar (SD).

Pak Slamet hanyalah  seorang tukang dinamo dan hidupnya sangat sederhana kalau pun beliau mengerti terntang ilmu kelistrikan itu karna pak slamet belajar dari ayahnya yang juga seorang tukang dinamo.

Awalnya pak Slamet diminta bantuan tentangganya untuk membuat kincir angin untuk menghasil energi listrik, namun bukan kincir angin yang dibuat, beliau membuat generator yang mempunyai kapasitas 2000 watt. Disinilah pak Slamet mulai berpikir untuk mengembangkan alatnya supaya menghasilkan energi listrik yang lebih besar. Setelah melewati beberapa tahap akhirnya pak Slamet mampu membuat PLTH dengan daya 15.000watt.

Berkat inovasinya, pak Slamet pun mendapat bantuan dana dari Bapak  Rendra (Bupati Malang) , sebesar 15 juta. Pak Rendra pun berjanji untuk mematenkan hasil karya pak Slamet dan berkoordinasi dengan pihak Universitas Brawijaya terkait dengan pengajuan pematenan hasil karya pak Slamt tersebut.

Lulusan SD juga bisa jadi orang hebat khan?? Semua tergantung dari pribadi kita sendiri dan keinginan kita untuk lebih maju dan bermanfaat. ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar